-->
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

PERISAI Bagikan Masker dan Takjil Gratis untuk Rakyat Kecil

PERISAI Bagikan Masker dan Takjil Gratis untuk Rakyat Kecil

INFOPILIHAN.ID - Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Pergerakan Rakyat Semesta Indonesia (PERISAI) Provinsi DKI Jakarta berbagi masker dan takjil gratis untuk masyarakat kecil seperti pemulung, juru parkir, pengamen jalanan, pedagang keliling, dan warga kurang mampu. Mereka menyisir sepanjang jalanan dan menyambangi lokasi dimana masyarakat kecil berkumpul seperti di pasar-pasar rakyat, pangkalan ojek, kaki lima, dan lokasi dimana para pemulung berkumpul. 

Ketua DPW PERISAI Provinsi DKI Jakarta Ferianto mengatakan, berdasarkan pengamatan di lapangan masih banyak ditemukan para pekerja jalanan dari kalangan masyarakat kecil yang mengais rezeki demi sesuap nasi meski situasi pandemi Covid-19 tengah berlangsung saat ini. 

Untuk itu, sergahnya kemudian, kegiatan PERISAI membagikan masker dan takjil gratis untuk masyarakat kecil merupakan bentuk tanggungjawab sosial dan solidaritas kemanusiaan organisasinya. 

"Berbagi masker dan takjil gratis ini untuk membantu masyarakat kecil dan kurang mampu dalam menghadapi situasi sulit akibat wabah Covid-19," kata Ferianto dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin (10/5/21). 

Dia menjelaskan, pengurus DPW PERISAI DKI Jakarta sengaja untuk tidak menghadirkan atau mengumpulkan masyarakat dengan jumlah besar (banyak orang) dalam pembagian takjil tersebut. Sebab, PERISAI tetap ingin menerapkan protokol kesehatan serta menghindari agar tidak terjadi kerumunan banyak orang. 

"Kebaikan sekecil apapun melalui kegiatan (berbagi takjil) ini, jangan sampai melanggar protokol kesehatan. Itu sebabnya mengapa kemudian, PERISAI yang datang langsung turun ke sejumlah lokasi dimana masyarakat kecil berkumpul," jelas Ferianto. 

Dia berharap melalui kegiatan organisasinya itu bisa meringankan beban sesama warga masyarakat dalam menghadapi situasi Covid-19, sekaligus untuk menumbuhkan rasa solidaritas dan gotong royong secara kolektif di tengah pandemi saat ini.

Selain itu, dia juga meminta agar masyarakat tetap mawas diri menjaga kesehatan untuk keselamatan diri sendiri dan keluarganya, menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, taat mengikuti protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menghindari keramaian, dan upaya-upaya pencegahan lainnya. 

"Dari kalangan masyarakat kecil ini yang selalu kita perhatikan bekerja tak henti dalam mengais rezeki di tengah pandemi hanya untuk sesuap nasi. Mereka inilah yang menjadi prioritas utama kegiatan PERISAI berbagi takjil gratis," pungkas Ferianto. 


Gotong Royong Bantu Rakyat

Sementara itu, Sekretaris Jenderal DPP PERISAI, Mohammad Fathur Rahman mengajak seluruh pengurus dan kader PERISAI untuk bergotong royong membantu rakyat kecil. 

"Kegiatan seperti berbagi masker dan takjil gratis ini merupakan ibadah sekaligus bersedekah, selain juga sebagai semangat gotong royong untuk membantu rakyat yang belum beruntung," kata Fathur.

Menurutnya, berbagi di bulan Ramadhan ini memang terfokus pada masyarakat kecil yang sehari-harinya bekerja di jalanan dan mendapatkan upah harian untuk sekadar membeli makanan. 

"Mungkin mereka terpaksa harus bekerja setiap hari hanya cukup untuk makan saja. Kegiatan PERISAI ini hanya untuk mereka yang pemulung, juru parkir, pengamen jalanan, pedagang keliling, dan warga kurang mampu," tutupnya. (Red)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.